Banyak pelaku bisnis fotografi juga sekaligus fotografer di perusahaan yang ia miliki, hal ini tentunya menuntut kemampuan dan fokus yang cukup tinggi agar setiap tugas dapat dijalani dengan baik. Tapi dari semua permasalahan yang dialami oleh fotografer sebagian besar berkaitan dengan sistem pemasaran.
Bagaimanakah tips pemasaran yang baik bisnis fotografi? Berikut ini terdapat 50 tips untuk fotografer yang dibagi dalam 5 kategori umum, yaitu ungkapan terima kasih yang dapat diberikan dengan berbagai cara seperti sapaan terima kasih dan juga hadiah sebagai wujud terima kasih, promosi, publikasi, harga dan juga motivasi atau konsultasi.
Ungkapan terima kasih merupakan wujud penghargaan terhadap klien dan
sebagai ungkapan tentang pentingnya klien dalam bisnismu. Promosi
merupakan bagian dari sistem pemasaran yang wajib dilakukan dan di jaman
yang sudah sangat modern ini kemajuan teknologi memberikan banyak
kemudahan seperti promosi di media online yang cukup efektif dengan
biaya yang relatif lebih murah.
Publikasi adalah komponen yang tidak bisa dipisahkan dari promosi,
publikasi yang terus menerus akan mempengaruhi masyarakat dan secara
perlahan akan membentuk branding terhadap produk yang ditawarkan, jika
branding sudah didapatkan maka tugas perusahaan selanjutnya hanyalah
mempertahankan branding yang sudah didapatkan.
Harga merupakan komponen yang cukup penting dari sistem pemasaran suatu
perusahaan, standar yang tinggi dari suatu produk akan menjadi tidak
berarti jika harganya tidak dapat bersaing dengan produk dari perusahaan
lain. Motivasi atau konsultasi adalah tips pemasaran yang tidak
memberikan pengaruh secara langsung tapi pengaruhnya terbilang cukup
signifikan nantinya. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan :
Gunakan kartu ucapaan terima kasih
Gunakan kartu ucapan terima kasih sebagai ungkapan terima kasih terhadap
klien. Hal ini mungkin terlihat sederhana tapi akan cukup bermakna bagi
klien.
Kemasan bungkusan yang berkesan
Sebagai rangkaian dari kartu ucapan terima kasih, berikan juga kemasan
pembungkus yang berkesan bagi klien. Selain berisi ucapan terima kasih
di dalam kemasan pembungkus, bisa juga disertakan kontak perusahaan yang
dapat dihubungi oleh klien untuk kegiatan lainnya.
Beri penghargaan khusus
Berikanlah penghargaan khusus kepada klien yang telah setiap menajadikan
perusahaan fotografimu sebagai tempat favoritnya dengan memberikan
diskon atau penawaran harga yang menarik. Jika klien setiamu puas dengan
pelayanan yang didapatkan, maka ia akan dengan sukarela mempromosikan
produkmu kepada keluarga atau temannya.
Bahagiakan klien
Buatlah klienmu terus bahagia dengan pelayanan memuaskan dari perusahaanmu.
Beri bonus
Berikanlah bonus untuk klien dari setiap sesi pemotretan dan berikanlah
catatan yang menjelaskan pengalaman fotografi yang sudah dilakukan.
Foto
Selain ungkapan terima kasih kepada klien, foto juga bisa digunakan
untuk merefleksikan ungkapan terima kasihmu kepada fotografer senior
yang menurutmu berjasa dalam karir fotografimu.
Beri penilaian
Berikanlah penilaian terhadap setiap foto yang diambil dan tentukanlah
foto favorit diantaranya dan jelaskan alasannya kepada klien tersebut.
Hal ini akan membuat klien merasa diperhatikan dan dilayani dengan
sangat maksimal.
Beri hadiah
Berikanlah hadiah yang unik kepada klien sebelum ataupun sesudah
pemotretan berlangsung, seperti sertifikat ataupun kesempatan memberikan
testimoni untuk kepentingan promosi perusahaan.
Lakukan promosi
Lakukanlah promosi dengan ikut serta dalam pertunjukkan atau kegiatan
dari masyarkat lokal agar produk yang ditawarkan lebih dikenal
masyarakat. Tapi yang harus diingat adalah ijin resmi terkait
keikutsertaan dalam kegiatan tersebut agar menghindari permasalahan
lain.
Adakanlah perlombaan fotografi
Gunakan media sosial
Gunakanlah media sosial untuk lebih mempromosikan produk fotografimu kepada masyarakat lokal.
Promosi melalui facebook
Selain untuk promosi kepada masyarakat lokal, facebook juga bisa
dilakukan sebagai wadah berbagi foto dan komunikasi langsung dengan
klien secara lebih terbuka.
Manfaatkan media facebook
Manfaatkan facebook semaksimal mungkin dengan klien seperti tag atau
tandai foto yang kamu unggah dengan nama klien tersebut. Hal ini akan
sangat berkesan terutama untuk klien yang sangat gemar online di sosial media.
Berikan penawaran
Berikanlah penawaran untuk jasa foto secara gratis kepada perusahaan lain seperti klinik dokter, salon, butik.
Gunakan blog
Selain memanfaatkan facebook kamu juga bisa menggunakan blog sebagai
situs resmi dari perusahaan yang terkait dengan setiap foto yang pernah
diambil di studiomu.
Berikan pelayanan yang baik
Berikanlah produk dan pelayanan yang terbaik agar klien selalu mengingatnya.
Gunakan kartu nama
Manfaatkanlah kartu nama atau brosur dari perusahaan yang memudahkan
klien untuk menghubungi kembali terkait dengan kebutuhan foto nantinya.
Bergabung dengan group
Untuk bisnis fotografi yang fokus pada tema anak-anak maka bergabunglah
dengan grup para ibu agar perusahaan tetap update tentang tren yang
sedang berkembang.
Selalu bawa kamera
Selalu bawalah kamera dalam berbagai kegiatan bahkan saat klien
berkonslutasi karena kita tidak pernah tau keinginan klien yang bisa
saja mendadak sehingga kita harus senantiasa mempersiapkannya.
Beri label
Berikanlah label dari nama perusahaan dari setiap kartu nama, brosur
atau kemasan paket lainnya agar para klien mudah mengingatnya dan
mendapatkan info tentang produk.
Fokus bidang fotografer
Fokus pada bidang fotografi tertentu, mungkin dengan spesifikasi yang
dilakukan tidak akan banyak klien yang berdatangan namun jika ada klien
yang tertarik melakukan kerjasama tentunya ia rela membayar mahal dan
keuntungan besar siap didapat.
Beri gratisan
Berikanlah kemurahan dengan gratis untuk sesi tertentu.
Jangan malu
Jangan malu untuk selalu mempromosikan produkmu.
Buatlah jaringan dengan perusahaan lokal lainnya
Cantumkanlah
nama perusahaan, kontak dan juga email yang mudah dihubungi pada
database online yang memuat daftar perusahaan fotografi.
Gunakan gambar yang unik
Agar publikasi yang dilakukan lebih menarik, gunakanlah gambar yang unik dalam kartu nama maupun brosur perusahaan.
Gunakan website
Gunakanlah website resmi untuk mempublikasikan foto-foto terbaik yang pernah diabadikan.
Sediakan kartu nama
Untuk bisnis fotografi yang menawarkan berbagai tipe fotografi maka
perusahaan harus menyediakan kartu nama dan juga brosur yang berbeda
agar klien tetap mendapatkan informasi yang lengkap.
Cantumkan foto di kartu nama
Selain mempublikasikan foto terbaikmu di website resmi perusahaan, kamu
juga bisa mencantumkan foto terbaikmu di kartu nama ataupun brosur.
Publikasikan untuk tujuan penjualan
Beri contoh hasilnya
Untuk setiap macam tipe fotografi berikanlah contoh agar klien lebih
yakin terhadap kompetensi perusahaan, seperti untuk tipe fotografi
dengan tema anak-anak maka berikanlah contoh foto yang pernah diambil
dengan objek anak-anak. Atau kamu juga bisa mencamtumkan karya dari
perusahaan lain yang telah menggunakan jasamu agar klien semakin yakin
untuk menjadi bagian dari bisnis fotografi yang dijalani.
Ciptakan produk unik
Ciptakanlah branding yang unik sehingga akan terus diingat terutama oleh klien.
Jangan cepat puas
Janganlah cepat berpuas diri dan melalaikan setiap detail dari produk,
sesukses apapun perusahaan fotografi yang kamu jalani tetap harus selalu
dilakukan kontrol dari setiap detail prosesnya agar kualitas produk
tetap terjaga dan kepuasan pelanggan tetap didapatkan.
Itu adalah 33 tips dari 50 tips pemasaran untuk fotografer bagian
pertama, baca juga bagian keduanya di artikel selanjutnya agar
mendapatkan informasi yang lebih lengkap.